OE7J8FOi3Mj16vbxbClQri2NZQQ

Archive for February, 2012

Buah dan sayuran penangkal kanker usus besar

0

jangan ragu-ragu makan buah dan sayuran segar,riset terakhir menemukan aktifitas sel kanker yang memberi sinyal untuk pertumbuhan sel kanker usus  besar bisa dihambat oleh luteolin,senyawa flavonoidyang dikandung sayur dan buah.Vitamin dan mineral dalam sayur dan buah juga punya potensi mencegah kanker usus besar.

Kanker usus besar sekarang berada  di urutan kedua sebagai kanker penyebab kematian di dunia barat. Di Negeri kita pun sejatinya kanker usus sudah menjadi ancaman. Data di RS Dharmais Jakarta,saat ini kanker usus besarberada di urutan kedua dari 10 kanker tersering yang dialami pria di Indonesia.

Pola makan instant dan tak sehat di curigai menyebabkan kanker usus besar. Kekurangan sayuran dan buah dan terlalu banyak mengonsumsi lemak,adalah pola makan yang dicurigai menyebabkan pertumbuhan kanker usus besar. Fakta kurang sayur dan buah bisa menyebabkan kanker usus ini semakin kuat berkat adanya hasil penelitian dari korea selatan yang baru-baru ini di terbitkan. Penelitian itu menemukan bahwa Luteolin,senyawa flavonoid yang umum ditemukan dalam sayur dan buah mampu mengurangi aktifitas sel yang memberi jalur sinyal yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker di usus.

Sel kanker ini terjadi ketika sel kanker memiliki kadar IGF II meningkat jika dibandingkan dengan jaringan usus besar normal. Para peneliti berpendapat inilah bagian dari mekanisme pertumbuhan sel yang tak terkontrol dan perkembangan kanker. Peneliti dari korea membuktikan bahwa luteolin yang banyak dalam sayur dan buah mampu menghalangi pengeluaran IGF II dari sel kanker usus. Luteolin juga mengurangi jumlah reseptor aktif yang di tunjukkan oleh IGF I dependent phosphorylation.

“Luteolin mengurangi IGF-I dependent activation dari sel yang memberi sinyal jalur PI3K,AKt dan ERK 1/2 dan CDC25c. Menghalangi alur ini menghentikan pembelahan sel kanker dan menyebabkan kematian sel.”kata Prof.Jung Han Yoon Park,yang memimpin penelitian.

Ia mengungkapkan,penelitiannya membuktikan bahwa luteolin mengganggu pemberian sinyal sel dalam sel kanker usus besar.” Ini adalah langkah maju untuk memahami bagaimana kerja flavonoid. Pemahaman lebih baik dari hasil penelitian dalam tubuh manusia di perlukan untuk menentukan bagaiman hal tersebut bisa dikembangkan menjadi zat pencegah kanker yang efektif,”ujarnya.

Sementara itu penelitian lain yang di terbitkan dalam Canadian Journal of Physiology and Pharmacology (CJPP) menemukan tikus yang teratur diberi suplemen multi vitamin dan mineral terbukti mengalami penurunan resiko kanker usus besar ketika terkena zat penyebab kanker. “Selama ini belum jelas apakah suplementasi multivitamin bisa membantu pasien kanker,:kata Dr.Grant pierce,editor CJPP.

“Penelitian ini penting karena memberi arah bagi pasien kanker yang memerlukan panduan nilai multi vitamin dan mineral yang diberikan selama kanker:imbuhnya.Tikus yang menjadi obyek penelitian tersebut diberi makan tinggi lemak selama 32 minggu.Tikus dibagi menjadi enam kelompok dan terpapar kombinasi berbeda karsinogen atau zat penyebab kanker dan suplemen vitamin dan mineral. karsinogen yang diberikan memiliki ciri seperti kanker usus besar pada manusia.

Tikus yang diberi makan tinggi lemak,rendah serat,dan terpapar karsinogen terlihat memiliki lesi prakanker.Sementara tikus yang mendapat perlakuan sama namun mendapat suplemen mulivitamin dan mineral tidak memiliki tumor di tubuhnya.

Para peneliti menyimpulkan bahwa suplementasi multivitamin dan mineral secara sinergi memberikan perlindungan terhadap kanker. Pemberian suplemen multivitamin dan mineral secara teratur bisa mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.(Sumber GayaHidupSehat).

Lebih sehat dengan Terapi Teh

1

khasiat minum tehBuat kita minuman yang disebut Teh terbuat dari daun teh. Di dunia barat,teh adalah air seduhan tanaman herbal. Minuman teh ala barat itupun banyak bermanfaat untuk tubuh,salah satunya yang populer adalah teh bunga chamomile,yang disukai orang yang mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Hercule Poirot,tokoh dalam novel Agatha Christie yang terkenal itu,sangat menyukai teh herbal,selain coklat panas. Dalam banyak kisah dalam novel misteri itu,poirot yang dikenal cerdas dan teliti itu selalu minum teh herbal agar tubuhnya lebih hangat kala cuaca tak bersahabat. Teh herbal juga dipercayai bisa meringankan kerja sel-sel otaknya.

Buat kita mungkin kedengarannya aneh. Air seduhan bunga kering,daun,biji,atau akar tanaman di sebut poirot dan orang-orang dari benua nun jauh itu sebagai teh.Padahal menurut persepsi kita,minuman teh itu adalah air seduhan daun camelia sinesis alias pohon teh. Namun tidak demikian dengan poirot dan kawan-kawan.

Para ahli teh menyebut teh herbal sebagai tisane,diambil dari kata bahasa perancis yang berarti rendaman herbal.:Teh” tersebut sejak lama dipercaya punya sejuta khasiat untuk kesehatan,mulai untuk relaksasi hingga peremajaan dan awet muda.

Ada juga jenis teh yang merupakan campuran dari daun teh sungguhan,yaitu jenis teh hitam,oolong,teh hijau atau teh putih dengan tanaman lain. Contohnya earl grey,merupakan campuran antara teh hitam dengan bergamot. Campuran itu disebut teh,bukan lagi tisane.

Sejarah tisane ini sama kunonya dengan teh Camelia sinesis. Catatan pertama yang menyebut teh bunga Chamomile dikenal sebagai eberpapyrus,kira-kira berasal dari 1550 SM. Chamomile digunakan untuk menghormati dewa-dewa,mengawetkan jenazah,dan mengobati orang sakit.

Hingga sekarang chamomile tetap populer karena rasanya yang ringan,manis,menenangkan dan bebas kafein.Minuman tersebut lumayan jadi favorit karena memberi efek rileks dan membantu mengatasi kesulitan tidur.

Jenis teh herbal lain yang populer adalah teh pepermin. Teh yang juga bebas kafein itu bermanfaat melancarkan pencernaan,menyejukkan perut dan telah dikonsumsi selama ribuan tahun sejak zaman yunani kuno. Ketika itu meja makan di gosok menggunakan daun pepermin agar acara makan jadi lebih menyenangkan.

Teh herbal lain yang lumayan populer di Asia dan Timur tengah adalah teh bunga sepatu(hibiscus). Teh itu juga lazim dikonsumsi oleh orang Okinawa.Para ahli pun menduga-duga teh bunga sepatu membawa awet muda karena penduduk Okinawa dikenal sebagai orang-orang berusia panjang.

Rooibos adalah jenis teh herbal yang belakangan populer. Teh itu sering disebut red tea alias Teh merah dan diperkenalkan ke seluruh dunia sebagai pengganti teh hitam. Kala perang dunia kedua,suplai teh dari Cina dan Jepang ke Eropa dan Amerika menjadi tersendat. Para penggila teh dari dunia barat mencari alternatif,dan di temukanlah teh Rooibos asal afrika selatan yang bebas kafein.

Perihal efek penyembuhan dalam teh herbal,di Amerika serikat masih bersifat kontroversial. Di Negeri itu produsen teh herbal masih belum diperbolehkan membuat klaim pengaruh medis pada produk-produknya. Sebaiknya bijaksana mengonsumsi teh herbal. Sebab efek teh herbal untuk seseorang belum tentu sama untuk orang lain. HAti-hati pula dengan kandungan dalam teh herbal. Selain menguntungkan untuk kesehatan,teh herbal juga ada yang bersifat alergenik atau beracun. (Sumber Gaya Hidup sehat).

Ancaman global Kanker

0

Tidak perlu diperdebatkan lagi tentang bahaya kanker,apalagi yang sudah menyebar ke seluruh tubuh.Mungkin perlu ada global warning khusus untuk kanker.Penyakit itu tidak mengenal musim,tidak pandang bulu.Semua bisa terkena,bahkan mereka yang selalu menjaga kesehatan dengan aktif bergerak dan memperhatikan pola makan.

info lengkap tentang kanker

Sel di dalam tubuh demikian ringkihnya. Sedikit saja terkena unsur yang dapat menyebabkan kanker,tingkah laku sel yang semula sehat langsung berubah. Perubahan tidak hanya dalam bentuk,tetapi juga sifat. Karena itulah,pengetahuan tentang kanker harus difahami siapapun. Istilahnya,anggaplah pengetahuan tentang kanker itu sebagai salah satu hal rutin yang dilakukan setiap hari. Tidak ada seorangpun yang ingin terkena kanker,bukan?

Fakta tentang kanker

  • Kanker adalah penyebab kematian nomer satu di dunia,dengan jumlah kematian 7,6 juta orang pada 2008 (atau 13 persen dari total kematian),menurut data WHO.
  • Kanker paru-paru,perut,kanker hati,usus besar,dan payudara adalah penyebab utama kematian setiap tahun.
  • Jenis kanker yang sering ditemui berbeda pada pria dan wanita.
  • Sekitar 30 persen dari kematian karena kanker disebabkan 5 ciri: Kelebihan berat badan,asupan buah-buahan dan sayuran yang rendah,kurangnya kegiatan fisik,merokok,dan konsumsi minuman beralkohol.
  • Rokok adalah faktor risiko utama kanker,menyebabkan 22 persen kematian karena kanker dan 71 persen kematian karena kanker paru-paru di seluruh dunia.
  • Sekitar 70 persen dari semua kematian akibat kanker tahun 2008 terjadi di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah.
  • Diperkirakan,kematian karena kanker akan meningkat,dengan perkiraan 13,1 juta kematian pada 2030 di seluruh dunia.

Penyebab kanker

Asal muasal kanker dari satu sel.Perubahan dari sel normal menjadi sel tumor adalah proses banyak fase.Perubahan tersebut merupakan hasil dari interaksi faktor genetika seseorang dan tiga kategori penyebab eksternal. Ketiga kategori tersebut,menurut WHO, adalah :

  • Physician carcinoge,seperti Ultraviolet dan radiasi ion
  • Chemical carcinogen,misalnya asbestos,komponen dari rokok,aflatoksin(kontaminan dalam makanan),dan arsenik
  • Biological carcinogen,misalnya infeksi virus,bakteri,dan parasit

Faktor resiko kanker

Rokok,alkohol,pola makan tak sehat (asupan minim sayur dan buah),serta tidak adanya kegiatan fisik adalah faktor resiko paling utama di seluruh dunia. Faktor resiko yang lain adalah infeksi kronis hepatitis B (HBV),hepatitis C (HCV),dan beberapa tipe Human Papiloma Virus (HPV). HPV adalah salah satu penyebab kanker leher rahim.Polusi udara juga merupakan faktor risiko.

Strategi pencegahan Kanker

  • Menghindari semua faktor risiko
  • Vaksinasi untuk HPV dan HBV
  • Mengendalikan bahaya di tempat bekerja
  • Deteksi dini

Tinjauan umum penyakit nyeri sendi

3

Pernah merasakan nyeri di persendian? Saya kira hampir semua dari orang diatas 40 tahun pernah merasakannya.Bisa saja kita mengira nyeri di persendian itu akibat asam urat atau rhematik,Padahal nyeri sendi itu bisa jadi karena osteoarthritis atau lazim disebut OA.Osteoarthritis adalah kondisi sendi terasa nyeri akibat peradangan ringan yang timbul karena pergesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.Jaringan tulang rawan atau cartilago,biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi.Dantara tulang tersebut terdapat cairan pelumas,sinovial.Jika cairan sinovial semakin berkurang,lapisan kartilago akan saling bergesekan.Gesekan tersebut akan membuat kartilago semakin menipis,akhirnya mengakibatkan timbulnya rasa nyeri.

tinjauan umum osteoartritis

Osteoarthritis merupakan salah satu penyakit sendi yang paling sering dijumpai di masyarakat kita,karena termasuk salah satu penyakit degeneratif,OA lebih sering di jumpai pada orang lanjut usia. Di Indonesia,penelitian Handono dan kusworini di Malang tahun 2000 menunjukkan sekitar 21,7 persen penderita OA berusia sekitar 49-60 Tahun,Hal tersebut di kemukakan oleh Dr.Moh Azwar,Sp.PD

Osteoartritis merupakan penyakit rhematik yang paling sering di jumpai,dan kasus nya lebih sering di alami oleh mereka yang berusia lanjut.Wajar saja,karena osteoartritis merupakan proses penuaan normal,meski juga bisa disebabkan proses aus pada sendi.

Osteoartritis merupakan penyakit kronis sendi,karena proses penuaan.Akibat pemakaian berulang-ulang,terjadilah perlunakan,penipisan dan pengelupasan rawan sendi.Selanjutbya di ikuti dengan pembentukan tulang baru di tepi sendi (perkapuran) disertai penebalan dan kekakuan ligamen serta selaput sendi.Tulang rawan sendi atau kartilago adalah jaringan kokoh dan elastis yang menjadi bantalan tulang pada persendian dan membuat tulang dapat bergerak bebas. Tulang rawan sendi menjadi penting mengingat fungsinya sebagai pelindung atau bantalan yang berada di antara tulang. Fungsinya seperti “Shock breaker”,jadi ketika lompat-lompatan tidak masalah,Ujar Dr.Azwar.

Secara fisiologis,tulang rawan sendi merupakan organ yang sangat luar biasa.Kuat,sangat licin,dan tetap muda,dengan komposisi sel,matriks,air,dan cairan sendi.Tulang rawan ini mendapat makanan dari selaput sendi melalui proses osmosis dan pergerakan.Seiring bertambahnya usia,komposisi cairan dalam tulang rawan sendi,yang sebesar 65-85 persen itupun berkurang.Benturan yang keras juga stress yang berlebihan secara terus menerus juga akan bisa mengakibatkan tulang rawan kita rusak.Akhirnya tulang rawan sendi menjadi rapuh.

Memang secara alamiah,komposisi tersebut akan berubah,membuat resiko untuk rusak semakin besar.Kalau tulang rawan sendi rusak,kondisinya akan menjadi tipis,setelah itu jadilah Osteoartritis dan timbul rasa nyeri.Penangan osteoartritis dapat dilakukan dengan mempertahankan gerak dan dan kekuatan otot,mencegah beban berlebihan,mengatasi nyeri,modifikasi aktivitas,obat-obatan(medikamentosa),suntikan asam hyaluronat,maupun fisioterapi.Sementara pada stadium lanjut Osteoartritis dapat di tangani dengan artroplasti atau penggantian permukaan sendi yang rusak dengan prostese.(Sumber Diana Y.Sari sehatnews.com)

Namun demikian ada juga alternatif pengobatan alamiah dengan obat alami arthritis Ekstrak teripang.

Apakah harus operasi untuk menyembuhkan miom fibroid?

0

Untuk memahami gambaran umum tentang operasi pengangkatan miom adalah penting,sebelum anda memutuskan jenis operasi miom seperti apa yang ingin anda tempuh.Informasi ini akan membantu anda memahami dan mengambil pilihan anda,atau anda cukup mengandalkan rekomendasi dari dokter pribadi anda saja.

Hal–hal yang harus di pertimbangkan sebelum mengambil keputusan operasi adalah :

1.Bila anda mempunyai miom fibroid yang sulit sekali di obati dan dapat mempengaruhi kualitas hidup anda,atau jika anda masih ingin hamil,operasi adalah pilihan pengobatan yang masuk akal untuk di pertimbangkan.

2. Jika anda telah mendekati masa menopause,biasanya fibroid itu akan membaik dengan sendirinya setelah menopause.(Untuk bantuan dan pertolongan jangka pendek dengan gejala yang parah,mungkin anda dapat mempertimbangkan terapi hormom gonadotropin releasing hormon analog atau terapi GnRH ).

3. Ada 2 macam perawatan operasi bedah untuk fibroid ini,yaitu miomektomi(memotong fibroid dari rahim) dan histerektomi(Pengangkatan seluruh rahim).

4. Jika anda masih mempunyai rencana untuk menambah keturunan,miomektomi dapat meningkatkan peluang anda untuk hamil,tetapi miomektomi bisa menimbulkan masalah dengan plasenta dan meningkatkan resiko kelahiran dengan operasi caesar.

5. Histerektomi menawarkan satu-satunya cara yang mutlak untuk uterine fibroid ini.Hanya saja ini berarti anda sudah memutuskan untuk tidak memiliki keturunan lagi dan sudah memikirkan manfaat jangka panjang dan resiko dari operasi histerektomi ini.

6. Kedua operasi ini tetap memiliki resiko jangka pendek seperti kehilangan darah dan infeksi.Kedua operasi ini dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut.

7.Histerektomi akan menyebabkan kemandulan permanen.

Atau mungkin anda ingin mempertimbangkan jalan lain untuk menyembuhkan fibroid dengan cara alami menggunakan obat alami miom yang dapat memperkecil resiko operasi.

Cara merampingkan perut setelah melahirkan

0

Wanita manapun tentu saja ingin selalu tampil perfeksionis di mata pria.Apapun akan mereka lakukan agar tetap tampil bugar dan sempurna,Namun semua itu akan sedikit terganggu manakala seorang wanita sedang mengandung dan pasca melahirkan.Bentuk tubuh wanita akan menjadi sedikit tak karuan karena proses melahirkan.

cara melangsingkan perut pasca melahirkanPerubahan tubuh akan terjadi pada saat seorang wanita mengandung. Dada, perut dan pinggul akan semakin besar. Itu hal yang wajar. Namun, setelah melahirkan, perlu diusahakan agar perut yang kendor bisa kembali ramping. Sehingga penampilan tetap menarik. Bagaimana caranya?

Dalam tradisi masyarakat Jawa, biasanya ibu-ibu muda yang baru melahirkan rajin meminum ramuan jamu untuk memulihkan kondisinya. Beras kencur adalah salah satu bahan alami yang dapat diracik sendiri untuk mengatasi perut atau rahim yang kendor. Sehingga kembali akan singset seperti sebelum hamil.

Bahkan kalau Anda rajin minum beras kencur, selain rahim akan mengecil juga mengurangi kemungkinan infeksi dalam kandungan. Untuk meracik ramuan ini, sediakan 3 sendok makan beras, jahe sepotong besar, kunyit kecil, gula jawa 125 gram, asam jawa 1 sendok makan, garam, jeruk nipis 1 butir dan sedikit daun pandan.

Mula-mula beras direndam 3 jam lamanya. Gula, kunyit, asam, jahe, dan daun pandan direbus dengan 3 gelas air, kemudian disaring. Kencur, jahe, dan kunyit (yang diambil setelah direbus), digiling dengan beras. Sesudah halus air rebusan tadi sedikit demi sedikit dicampurkan pada gilingan rempah-rempah tadi. Saringlah dengan kain yang bersih. Terakhir, peraslah jeruk nipis dan bubuhi garam secukupnya. Kalau kurang manis tambahkan gula pasir.
Ramuan itu siap diminum. Sebaiknya Anda teratur dan rajin meminumnya sehingga kondisi badan akan kembali seperti semula. Ramuan yang meracik sendiri ini selain lebih sehat juga khasiatnya lebih ampuh. Karena masih alami tidak tercampur bahan kimia.

Berkaitan dengan masalah rahim. Kalau Anda punya gejala-gejala sering kebablasan buang air kecil. Misalkan pada saat tertawa terpingkal-pingkal, batuk atau bersin tiba-tiba keluar kencing di celana. Jika gejala ini diikuti oleh ketidaknyamanan di antara kedua kaki, kemungkinan rahim Anda merosot. Disebabkan melemahnya otot dan ligamen penyangga rahim. Atau bisa jadi gangguan ketidakmerataan tekanan yaitu melemahnya otot pinggul yang berakibat kebocoran air seni setiap kali kandung kemih mendapat tekanan.

Untuk mencegahnya Anda bisa melakukan senam. Pertama tegangkan otot sekitar vagina ke atas dan ke dalam sampai aliran air seni terhenti. Kemudian tahan posisi ini sampai hitungan ke-6. Selanjutnya biarkan air seni mengalir lagi, dan hitung sampai hitungan ke-6 juga. Terakhir, tahan lagi sampai hitungan ke-6 sebelum menghabiskan air seni sampai kandung kemih benar-benar kosong.(sumber dechacare).

Untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi caesar bisa mencoba dengan mengonsumsi ekstrak teripang Jelly gamat sebagai obat alami yang aman tanpa khawatir efek samping negatif.
Selamat mencoba.

Go to Top
You might also likeclose