Apa itu rheumatoid arthritis?

Rheumatoid arthritis (RA) menyebabkan jaringan selaput sendi menjadi bengkak,kaku, dan nyeri (peradangan).

Seiring waktu, peradangan ini dapat merusak jaringan sendi. Hal ini dapat membatasi kegiatan sehari-hari Anda dan membuat sulit bagi Anda untuk berjalan dan menggunakan tangan Anda.

Rheumatoid arthritis 2 sampai 3 kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Hal ini sering dimulai antara usia 40 dan 60.

Apa yang menyebabkan rheumatoid arthritis?

Penyebab pasti dari rheumatoid arthritis tidak diketahui. Tapi rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun. Ini berarti bahwa sistem pertahanan alami tubuh menyerang sendi. Penyakit ini juga berjalan di beberapa keluarga.

Apa gejalanya?

Gejala utama  nyeri rheumatoid arthritis adalah, kekakuan, dan bengkak pada sendi tangan, pergelangan tangan, siku, kaki, pergelangan kaki, lutut, atau leher. Penyakit ini biasanya mempengaruhi kedua sisi tubuh pada waktu yang sama. Dalam kasus yang jarang namun berat, hal itu dapat mempengaruhi mata, paru-paru, jantung, saraf, atau pembuluh darah.

Lihat gambar dari sendi yang sering terdampak

bagian tubuh yang sering  terdampak rematoid artritis

Kadang-kadang rheumatoid arthritis dapat menyebabkan benjolan yang disebut nodul yang membentuk di atas siku, buku-buku jari, tulang belakang, dan tulang kaki bagian bawah.

Bagaimana rheumatoid arthritis didiagnosis?

Tidak ada tes tunggal untuk rheumatoid arthritis. Dokter Anda akan melihat sendi Anda untuk tanda-tanda pembengkakan atau nyeri. Dia juga akan bertanya tentang gejala dan kesehatan masa lalu.

Anda mungkin memiliki tes darah, X-ray, dan tes lainnya untuk mengetahui apakah masalah lain yang menyebabkan nyeri sendi Anda.

Bagaimana ini dirawat?

Tidak ada obat untuk rheumatoid arthritis, tetapi pengobatan dapat membantu meredakan gejala dan pengendalian penyakit. Pengobatan berlanjut sepanjang hidup Anda.

Pengobatan termasuk obat-obatan, olahraga, dan perubahan gaya hidup.

Para ahli merekomendasikan perawatan dini dengan obat-obatan yang dapat mengendalikan rheumatoid arthritis atau tetap dari menjadi  semakin buruk. Pengobatan dini juga dapat menurunkan kemungkinan bahwa peradangan akan menghancurkan sendi dan membatasi kegiatan sehari-hari Anda.

Banyak obat yang dipakai untuk mengobati rheumatoid arthritis memiliki efek samping. Jadi adalah penting untuk memiliki pemeriksaan rutin dan berbicara dengan dokter Anda tentang masalah. Ini akan membantu dokter Anda menemukan pengobatan yang bekerja untuk Anda.

Di rumah, Anda bisa meringankan gejala dan membantu mengendalikan penyakit Anda jika Anda:

  • Istirahat bila Anda lelah.
    Melindungi persendian dari cedera dengan menggunakan alat-alat dapur khusus atau pegangan pintu.
    Gunakan bidai, tongkat, atau walker untuk meringankan rasa sakit dan mengambil stres dari sendi Anda, jika gejala yang parah.
    Makan diet seimbang.
    Berolahraga secara teratur.
    Tinggal di berat badan yang sehat.

Jika obat-obatan, olahraga, dan perubahan gaya hidup tidak cukup membantu, operasi mungkin menjadi pilihan. Penggantian sendi total dapat dilakukan untuk banyak sendi dalam tubuh.

Hal ini dapat sulit untuk hidup dengan penyakit jangka panjang yang dapat membatasi kemampuan Anda untuk melakukan hal-hal. Hal ini umum untuk orang dengan rheumatoid arthritis untuk memiliki beberapa depresi. Pastikan untuk mencari bantuan dan dukungan yang Anda butuhkan dari teman dan anggota keluarga. Konseling profesional juga dapat membantu Anda mengatasi jangka panjang rasa sakit dan depresi.