Untuk memahami gambaran umum tentang operasi pengangkatan miom adalah penting,sebelum anda memutuskan jenis operasi miom seperti apa yang ingin anda tempuh.Informasi ini akan membantu anda memahami dan mengambil pilihan anda,atau anda cukup mengandalkan rekomendasi dari dokter pribadi anda saja.

Hal–hal yang harus di pertimbangkan sebelum mengambil keputusan operasi adalah :

1.Bila anda mempunyai miom fibroid yang sulit sekali di obati dan dapat mempengaruhi kualitas hidup anda,atau jika anda masih ingin hamil,operasi adalah pilihan pengobatan yang masuk akal untuk di pertimbangkan.

2. Jika anda telah mendekati masa menopause,biasanya fibroid itu akan membaik dengan sendirinya setelah menopause.(Untuk bantuan dan pertolongan jangka pendek dengan gejala yang parah,mungkin anda dapat mempertimbangkan terapi hormom gonadotropin releasing hormon analog atau terapi GnRH ).

3. Ada 2 macam perawatan operasi bedah untuk fibroid ini,yaitu miomektomi(memotong fibroid dari rahim) dan histerektomi(Pengangkatan seluruh rahim).

4. Jika anda masih mempunyai rencana untuk menambah keturunan,miomektomi dapat meningkatkan peluang anda untuk hamil,tetapi miomektomi bisa menimbulkan masalah dengan plasenta dan meningkatkan resiko kelahiran dengan operasi caesar.

5. Histerektomi menawarkan satu-satunya cara yang mutlak untuk uterine fibroid ini.Hanya saja ini berarti anda sudah memutuskan untuk tidak memiliki keturunan lagi dan sudah memikirkan manfaat jangka panjang dan resiko dari operasi histerektomi ini.

6. Kedua operasi ini tetap memiliki resiko jangka pendek seperti kehilangan darah dan infeksi.Kedua operasi ini dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut.

7.Histerektomi akan menyebabkan kemandulan permanen.

Atau mungkin anda ingin mempertimbangkan jalan lain untuk menyembuhkan fibroid dengan cara alami menggunakan obat alami miom yang dapat memperkecil resiko operasi.