Cara mengatasi rasa sakit saat menstruasi

Bila anda pernah merasakan nyeri saat datang bulan atau menstruasi,dan sakit nya itu parah seperti terjadinya kram pada bagian perut bawah,serta kejadiannya bisa terus berulang setiap datang bulan,ada baiknya segera mencari cara mengatasi rasa sakit saat menstruasi anda.

Memeriksakan diri ke dokter adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk memastikan apakah tidak ada gangguan kesehatan lainnya terkait rasa sakit itu,seperti kemungkinan adanya kista,mioma ataupun endometriosis.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu anda mengatasi rasa nyeri saat menstruasi berlangsung :

  • Minum banyak Air.Bila anda terhidrasi dengan baik, hati anda dapat berperan makin baik, itu dapat melindungi hormon anda terus seimbang. dehidrasi cuma bisa mengintensifkan kram menstruasi. yakinkan tubuh anda terus terhidrasi dengan baik sebelum , serta sepanjang waktu anda dengan minum banyak air. banyak pakar gizi, pakar homeopati serta naturopati merekomendasikan teh herbal dikarenakan teh herbal bersifat mengobati. teh dengan beberapa bahan layaknya chamomile, mint, minyak evening primrose, jahe, thyme, serta rami-benih sudah dapat dibuktikan mengurangi kesakitan pada kram menstruasi.
  • Berolahraga. berolahragalah dengan teratur. ini dapat kurangi tingkat stres anda ( stres bikin kram jadi lebih parah ), serta dapat melepas endorfin ke dalam sistem tubuh anda, yang dapat kurangi jumlah rasa sakit yang anda rasakan. nyeri pada waktu menstruasi juga dapat menyusut dengan sebagian latihan ringan serta peregangan, namun anda cuma butuh latihan yang kecil saja ! latihan intens bisa memperburuk kram. coba yoga, berenang, atau bahkan cuma dg pergi untuk berjalan-jalan. udara fresh bisa menciptakan keajaiban.
  • Seimbangkan diet anda. sayuran hijau, layaknya bayam, memiliki kandungan banyak magnesium, yang disebut relaksan otot alami. penelitian sudah tunjukkan bahwa wanita yang menderita kram yang kronis kerap kekurangan magnesium. makan camilan, namun tingkatkan mengonsumsi makanan yang kaya¬† kalsium, omega-3 serta vit. b. susu, yogurt, serta ikan / seafood yaitu makanan ideal untuk konsumsi hanya sebelum , serta sepanjang siklus menstruasi anda.
  • Jauhi kopi. kafein, yang sangat kerap ditemukan didalam minuman soda, kopi, serta teh, berbentuk diuretik, serta bisa bikin kram tambah parah.
  • Jaga berat badan. sel lemak menghasilkan estrogen, satu hormon yang bila tidak seimbang juga dapat mengakibatkan kram pada rahim.

Nah itulah beberapa tips yang mudah dan bisa anda lakukan untuk mengurangi nyeri saat haid atau menstruasi.Atau bila perlu anda juga bisa mengonsumsi obat nyeri haid alami seperti ekstrak daun sirsak dan kulit manggis Ace max. Semoga informasi ini bisa bermanfaat…