Bila ada pertanyaan tentang gejala mani encer,mungkin kita akan sulit untuk menjelaskannya.karena istilah mani encer juga sebetulnya hanya istilah awam saja,yang melihat tingkat kekentalan atau keenceran sperma hanya dari bentuk fisiknya saja.

Sperma dikategorikan sehat bila mencukupi sebagian syarat layaknya volume sperma, mutu, motilitas serta wujud sperma. di antara  kriteria tersebut tidak terpenuhi maka dapat mengganggu fungsi reproduksi tubuh yaitu kesusahan membuahi sel telur.

Sayangnya ada demikian banyak rutinitas pria yang bikin situasi sperma jadi tidak sehat. pola hidup layaknya merokok, minuman keras, kurang olah raga serta tidur yang tidak teratur merupakan sebagian kecil problem sehari-hari pria yang bikin sperma jadi tidak sehat. di bawah ini serba serbi sperma yang kurang dipahami banyak pria.

Layaknya banyak diketahui, jalinan seksual mempunyai dua manfaat, yaitu fungsi seksual serta fungsi kesuburan. nah, mutu sperma terkait erat dengan fungsi kesuburan.

Sperma dihasilkan oleh buah zakar (testis). “Ketika seorang pria mengalami ejakulasi, maka ia akan mengeluarkan satu ejakulat (satu porsi) cairan yang disebut semen. Dalam satu ejakulat, selain sperma, juga terdapat cairan (semen),” papar androlog Dr. Nugroho Setiawan, MS, Sp.And.

Jika terjadi kelainan pada sperma, entah karena jumlah, bentuk, maupun geraknya, haruslah dicari sebabnya lebih dulu. “Kenapa, kok jelek, jumlahnya kurang, atau bentuknya tidak normal, harus dicari dulu,” jelas Nugroho. “Setelah penyebabnya ketemu, kalau diobati, pasti hasilnya akan lebih bagus.”

Jumlah sperma yang normal disebut normozoospermia, jumlah kurang oligozoospermia. Sementara sperma yang geraknya normal disebut normozoospermia, gerak kurang disebut asthenozoospermia, dan bentuk kurang disebut teratozoospermia. “Kalau jumlah, gerak, dan bentuknya kurang, pasiennya disebut oligoasthenoteratozoospermia,” jelas Nugroho.

Istilah mani encer ini ternyata sudah sangat merepotkan kaum pria,karena bila pasangannya belum mendapatkan keturunan dan kebetulah bentuk sperma nya kurang kental.langsung memvonis bahwa mani encer itulah penyebabnya.padahal belum tentu juga seperti itu.Bisa juga dari kesuburan istri.jadi kedua pihak harus memeriksakan diri secara benar.

Kini,untuk mengatasi mani encer,banyak tips pengobatan mani encer baik secvara medis maupun secara tradisional.Ramuan untuk mani encer berbahan herbal pun sudah banyak yang dapat membantu mengatasi mani encer ini.Tinggal anda tentukan saja mana yang paling aman dan paling cocok untuk anda konsumsi.