Bilakah nyeri haid yang tidak normal?

Sebetulnya Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah sesuatu yang normal pada wanita.Namun kadang siklus bulanan ini bisa terganggu akibat beberapa hal.mari kita telusuri apa yang normal dan tidak normal dari siklus haid ini.

Tiap-tiap bln. indung telur wanita dapat mengeluarkan satu sel telur yang dimaksud dengan periode ovulasi. pada waktu yang sama pergantian hormon menyiapkan rahim untuk kehamilan. bila ovulasi berlangsung serta sel telur tidak dibuahi, maka susunan rahim ini dapat runtuh serta berlangsunglah menstruasi.

Siklus menstruasi dapat membantu seseorang tahu waktu ovulasi ( periode subur ), perdarahan menstruasi yang tidak terduga atau sebagai sinyal awal kehamilan. namun siklus menstruasi yang tidak teratur dapat jadi sinyal awal problem kesehatan serius.

Karenanya kenali apa saja yang terbilang normal serta tidak normal didalam siklus menstruasi, seperti diambil dari mayoclinic, selasa ( 28/6/2011 ) yakni :

a. perihal yang normal didalam siklus menstruasi :

1. siklus menstruasi dihitung dimulai dari hari pertama sampai ke hari pertama siklus menstruasi selanjutnya, serta umumnya berbeda untuk setiap wanita. sepanjang beberapa tahun pertama menstruasi, siklus biasanya lebih panjang namun siklus ini makin lama bisa lebih singkat serta jadi lebih teratur.
2. sebagian keluhan yang nampak waktu menstruasi ada yang masih dianggap normal, layaknya rasa nyeri atau masalah suasana hati, sepanjang hal tersebut tidak mengganggu kegiatan serta aktivitas sehari-hari.

namun untuk tahu apakah siklus menstruasi normal atau tidak, awalilah membuat catatan tentang tanggal menstruasi selama beberapa bulan. untuk tahu apakah siklusnya teratur atau tidak, lamanya menstruasi, apakah darah yang keluar terlampau banyak atau sedikit serta nyeri yang dirasakan.

b. Hal yang tidak normal didalam siklus menstruasi :

banyak hal dapat berlangsung sepanjang menstruasi serta terbilang tidak normal misalnya :

  • Menstruasi tiba-tiba berhenti sepanjang lebih dari 90 hari
  • Datangnya menstruasi jadi tidak teratur, walau sebenarnya pada mulanya rutin
  • Alami menstruasi sepanjang lebih dari 7 hari
  • Darah yang keluar semakin banyak di banding umumnya, atau membutuhkan lebih dari 1 pembalut dlm waktu 2 jam
  • Alami sakit atau nyeri kronis yang mengganggu aktivitas
  • Alami demam atau sakit sesudah menggunakan pembalut

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat dikarenakan oleh banyak hal seperti kehamilan, masalah makan, kehilangan berat badan yang terlampau ekstrim dan stres. namun dapat juga dikarenakan oleh ada problem kesehatan yang serius misalnya sindrom ovarium polikistik ( polycystic ovary syndrom/pcos ), hilangnya fungsi ovarium normal sebelum umur 40, endometriosis atau penyakit radang panggul.

Kalau kita iseng bikin penelitian dengan responden yang merata, kita akan menemukan bahwa ternyata yang lebih sering mengeluh nyeri waktu haid adalah mereka-mereka masih perawan atau minimal yang belum melahirkan. Apa sebab? Semakin dewasa usia seorang cewek, dia terbiasa dengan nyerinya dan lama-lama tidak mengeluh lagi. Selain itu, pada cewek yang sudah melahirkan normal (bukan lewat operasi Cesar ), leher rahim cenderung lebih luwes karena sudah pernah dilewati bayi yang meluncur melalui jalan itu, sehingga kalau cuman segumpal darah haid yang lewat, sakitnya sih enteng.

Haid itu sendiri juga ada siklusnya. Prostaglandin yang diproduksi cewek pada waktu haid, paling banter hanya memuncak pada hari pertama atau kedua haid, tapi setelah hari ketiga, kadarnya berkurang. Prostaglandin inilah penjahatnya nyeri haid. Ini yang menjelaskan kenapa nyeri haid paling hebat cuma terjadi pada hari-hari pertama haid.

Nyeri haid jarang sekali bisa bikin pingsan. Istilah “pingsan” pada masyarakat awam umumnya masih seringkali dikaburkan dengan “lemes dan mendadak roboh”. Apakah si pingsan masih menyahut kalau dipanggil namanya? Apakah si pingsan langsung melek begitu ditepuk-tepuk pipinya? Itu namanya bukan pingsan dong.Nah,normalkah nyeri haid yang anda derita saat ini?hanya anda yang tahu jawabannya…

Bila memang sakit itu diluar kenormalan,segera cari cara mengurangi nyeri saat haid yang cocok untuk anda dan tubuh anda.