Kuku yang indah adalah dambaan setiap orang baik laki-laki terutama wanita. Banyak hal yang sering di lakukan kaum wanita untuk mempercantik  kukunya. Namun tahukah anda bahwa kita juga bisa melihat penyakit  melalui kuku kita?

Dibawah ini ada beberapa tanda dari kuku kita yang bisa mendeteksi penyakit apa saja yang sedang mengancam kesehatan kita agar kita bisa lebih waspada dan bisa melakukan tindakan medis sedari dini.

Kuku dan Kesehatan: Perhatikan tandanya

Apakah Anda tahu kuku Anda dapat mengungkapkan petunjuk untuk kesehatan Anda secara keseluruhan? Sebuah sentuhan putih di sini, semburat kemerahan di sana, atau riak atau gundukan mungkin merupakan tanda penyakit dalam tubuh. Masalah penyakit hati, paru-paru, dan jantung dapat muncul pada kuku  Anda. Tetap membaca untuk mengetahui lebih lanjut untuk mengetahui apa yang bisa di ungkapkan kuku anda.

 

Kuku pucat

Kuku sangat pucat atau putih kadang-kadang terkait dengan penuaan. Tapi mereka juga bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti:

  • Anemia
  • Gagal jantung kongestif
  • Penyakit hati
  • Malnutrisi

 

Kuku putih

Jika kuku sebagian besar putih dengan rims lebih gelap, ini dapat mengindikasikan masalah hati, seperti hepatitis. Dalam gambar ini, Anda dapat melihat jari-jari juga kuning, tanda lain dari masalah hati.

 

Kuku kuning

Salah satu penyebab paling umum kuku kuning adalah infeksi jamur. Dengan memburuknya infeksi, kuku dapat tertarik, dan akan menebal dan patah. Dalam kasus yang jarang, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid parah, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.

 

Kuku kebiruan

Kuku dengan warna kebiru-biruan dapat berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa mengindikasikan infeksi di paru-paru, seperti  pneumonia. Sebuah dasar kebiruan sedikit dapat mengungkapkan diabetes.

 

Kuku bergelombang

Jika permukaan kuku bergelombang atau diadu, ini mungkin merupakan tanda awal dari psoriasis atau arthritis inflamasi. Perubahan warna kuku adalah umum; kulit di bawah kuku dapat tampak coklat kemerahan. Psoriasis adalah kondisi kulit yang dimulai pada kuku 10% dari waktu.

 

Retak atau rapuh Kuku

Kering, kuku rapuh yang sering retak atau terbelah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Cracking atau pemisahan dikombinasikan dengan warna kekuningan lebih mungkin karena infeksi jamur.

 

Kuku bengkak Lipat

Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan lipatan kuku. Ini mungkin hasil dari lupus atau penyakit lain jaringan ikat.Garis Gelap Di bawah kuku Garis gelap di bawah kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Mereka kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis yang paling berbahaya dari kanker kulit.

 

menggigit Kuku

Menggigit kuku Anda mungkin tidak lebih dari sebuah kebiasaan lama, namun

dalam beberapa kasus itu tanda kecemasan terus-menerus yang dapat manfaat dari pengobatan. Menggigit kuku atau memetik juga telah dikaitkan dengan gangguan obsesif-kompulsif. Jika Anda tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter Anda.