Berikut adalah langkah-langkah mudah dan sederhana untuk menaikkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL.

PERBANYAK BUNCIS (BEAN),KURANGI KENTANG

Kita perlu karbohidrat untuk energi,tapi sebagian lebih baik untuk tubuh dibanding yang lainnya.Padi-padian utuh seperti brown rice,pasta gandum,dan buncis (Bean),mengandung lebih banyak serat dan kurang menaikkan gula darah,membantu menurunkan kolesterolsambil membuat anda merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat lainnya seperti yang terdapat di dalam roti putih,kentang,nasi putih,dan pastry,menaikkan kadar gula darah lebih cepat,menyebabkan anda lebih cepat lapar dan meningkatkan risiko makan berlebihan.

OLAHRAGA

Aktifitas fisik,bahkan hanya 30 menit,5 hari seminggu (Olahraga keras sperti jogging 20 menit,3 kali seminggu) dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL. Olahraga juga membantu mempertahankan berat badan ideal,menurunkan risiko arteri tersumbat.Tak punya waktu untuk olahraga? anda tidak harus langsung olahraga 30 menit,tapi bisa dibagi menjadi olahraga 10 menit,dan lakukan 3 kali.

OLAHRAGA TANPA KE GYM

Jika tak punya waktu ke gym atau memang tak suka,tambahkan aktifitas fisik ke dalam jadwal anda. Semua jenis aktifitas kardiovaskular itu baik: berkebun,dansa,atau naik tangga ketimbang lift. Bahkan pekerjaan rumahtangga juga termasuk olahraga,syaratnya,pekerjaan yang meningkatkan denyut jantung dan tidak sekedar kebut-kebut debu.

JAGA KESEHATAN

Jika kolesterol anda tinggi,anda dan dokter anda mungkin harus menggunakan sejumlah strategi  untuk menurunkan kolesterol. Mungkin anda harus diet,menurunkan berat badan,lebih sering olahraga,dan mungkin minum obat kolesterol.

JIKA MAKAN DI LUAR

Jika makan makanan sehat di rumah untuk mengendalikan kolesterol,jangan dirusak ketika makan di luar. Pilih makanan yang direbus,dikukuks,atau di-grill.Lakukan pengendalian porsi dengan minta setengah porsi makanan di bungkus untuk dibawa pulang.

CERMATI LEMAK TERSELUBUNG

Mencermati label sangat penting untuk diet menurunkan kolesterol dan jantung sehat. Coba tips berikut :

  • Periksa takaran saji. Info nutrisi mungkin tampak baik,tapi apakah kemasannya mengandung 2 saji dan bukan 1 saji?
  • Jika dkatakan whole grain,periksa ingredien. Whole wheat atau whole grain,harus menempati urutan pertama dalam daftar ingredien.
  • Makanan dengan 0 gram kolesterol masih bisa menaikkan kadar kolesterol jahat LDL.Perhatikan lemak jenuh saturated fat

CEGAH STRESS

Stress kronik dapat menaikkan tekanan darah,menambah risiko untuk aterosklerosis,yang tejadi ketika plak dari kolesterol menimbun di dalam arteri.Riset menunjukkan,bagi sebagian orang,stres dapat secara langsung menaikkan kadar kolesterol. Turunkan kadar kolesterol dengan latihan relaksasi,meditasi,atau biofeedback. Fokus pada pernapasan dan tarik napas dalam. Penurun stres sederhana ini bisas dilakukan dimana saja.

TURUNKAN BERAT BADAN

Menurunkan berat badan termasuk hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit kardiovaskular.Obesitas meningkatkan resiko kolesterol tinggi,tekanan darah tinggi,dan diabetes tipe-2. Semua ini berefek pada dinding arteri,membuatnya lebih rentan menimbun plak dari kolesterol. Menurunkan berat badan,terutama lemak perut yang dikaitkan dengan pengerasan arteri,membantu menaikkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL.

IKUTI SARAN DOKTER

Mengendalikan kolesterol termasuk proses seumur hidup.Periksa ke dokter secara teratur untuk jaga kesehatan. Ikuti saran dokter tentang diet,olahraga,dan obat. Kerjasama dengan dokter anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga jantung kuat.(Aura)