Khasiat herba selasih

Selasih digunakan untuk mengobati demam,flu,batuk,migrain,kembung,mual,muntah,diare,rematik.insomnia,batuk,dan bau badan.Selasih juga dapat mengurangi risiko kanker.

Herba selasih mengandung minyak asiri,sekitar 1% terdiri dari linalol,methylchavicol,ocimene,alpha-pinene,1,8-cineole,eucaliptole,geraniol,limonene,carene,eugenole,eugenol methil ether,anethole,methyl cinnamate,3-hexen-1ol,3-octanone,furfural,vitamin (A dan C),dan mineral( kalsium,zat besi,magnesium,dan kalium). Minyak asiri pada daun selasih antara lain bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.Salah satunya,eugenol dapat meringankan kejang otot,mempermudah keluarnya angin dari usus,dan mengurangi nyeri lambung.

Biji mengandung planteose,asam lemak yaitu asam palmitat,asam oleat,asam stearat,dan asam linoleat.

Herba selasih terasa pedas,bersifat hangat,harum (aromatik).Berkhasiat meningkatkan penyerapan makanan,peluruh keringat (diaforetik),peluruh urine(diuretik),peluruh kentut,melancarkan aliran darah,penghilang nyeri 9analgesik),penenang(sedatif) ringan,antiseptik,antibakteri terutama parasit di usus,meredakan kejang usus,membersihkan racun,dan mengurangi risiko timbulnya kanker.

Herba selasih digunakan untuk pengobatan demam,flu,batuk,sakit kepala sebelah,gangguan pencernaan atau dispepsia,radang usus,depresi,sulit tidur (insomnia),ayan (epilepsi),batuk air susu ibu (ASI) sedikit,bau badan,dan mengurangi risiko terjadinya kanker.Bila perut sering kembung,minum air seduhan selasih 2-3 kali sehari di antara dua waktu makan.

Biji rasanya manis,pedas,sifatnya sejuk. Berkhasiat menerangkan penglihatan,untuk pengobatan radang mata,bercak putih pada selaput bening mata (kornea),diabetes mellitus.

Cara pemakaian

Untuk minum,herba selasih sebanyak 10-15 g direbus,diseduh,atau ditumbuk lalu diperas airnya.Agar minyak asiri tidak menguap sewaktu direbus,tutup panci atau gelas selama merebus atau ketika menyeduhnya. perebusan yang terlalu lama akan merusak minyak asirinya. Perebusan hanya dilakukan selama 5-10 menit. Bila menggunakan biji,rebus sebanyak 2,5-5 gr atau biji direndam dalam air lalu diminum setelah mengembang seluruhnya.

Sebagai obat luar,herba selasih segar digiling halus.Lalu,air perasan atau hasil gilingannya dibubuhkan pada bagian kulit yang bermasalah seperti jerawat,gatal akibat gigitan serangga,gigitan ular,dan radang kulit. Air rebusan herba segar bisa digunakan untuk mencuci koreng,jerawat,serta gigitan ular dan serangga. Biji selasih yang digiling halus hingga menjadi bubuk bisa dijadikan obat tetes. Pada pengobatan aromaterapi,minyak asiri kemangi dicampurkan pada minyak urut untuk merelaksasi otot.

dari hasil penelititan laboratorium,peneliti Indian membuktikan bahwa eugenol pada selasih terbukti dapat menyembuhkan tukak lambung akibat infeksi baktri H.Pylori dan dapat menghambat pertumbuhan 30 strain bakteri. Semoga bermanfaat…