Mungkin beberapa orang tua ada yang sedang mencari obat tbc untuk anak mereka,yang cukup aman dan tidak membahayakan fungsi organ tubuh yang lain bila pun harus dikonsumsi dalam jangka panjang.

Sebelumnya kita akan sedikit mengulas tentang bahaya penyakit tbc pada anak ini,dan bagaiman cara mewaspadai sekaligus cara mencegah dan mengobatinya yang membedakannya dengan penanganan tbc pada orang dewasa.

Bukan sekedar orang dewasa yang butuh mewaspadai tbc, penyakit tbc pada anak juga mesti jadi kewaspadaan orang tua. penyakit ini dapat timbul oleh anak yang mengisap hawa yang mengadung kuman tbc. sebagian tanda-tanda awalannya yaitu si kecil mudah jatuh sakit, batuk terus menerus, atau berat badan turun tanpa tahu apa sebabnya.

Berbeda dengan tbc pada orang dewasa, penyakit tbc pada anak tidak menular. pada tbc anak, kuman berkembang biak di kelenjar paru-paru. lantas, kuman ada didalam kelenjar, tidak terbuka. sedangkan pada tbc dewasa, kuman ada di paru-paru serta membuat lubang untuk keluar melewati jalur napas. nah, pada waktu batuk, percikan ludahnya memiliki kandungan kuman. ini yang umumnya terisap oleh anak-anak, lantas masuk ke paru-paru.

Tanda-tanda tbc sendiri tidak serta-merta nampak. pada waktu-waktu awal, 4-8 minggu sesudah infeksi, mungkin saja anak cuma demam sedikit. Beberapa bulan kemudian, gejalanya mulai nampak di paru-paru. anak batuk-batuk sedikit. step selanjutnya ( 3-9 bln. sesudah infeksi ), anak tidak napsu makan, kurang gairah, serta berat badan turun tanpa karena. juga ada pembesaran kelenjar di leher, sesaat di paru-paru nampak gambaran vlek.

Pada waktu itu, kemungkinannya ada dua, apakah dapat nampak tanda-tanda tbc yang betul-betul atau sekalipun tidak nampak. ini bergantung kekebalan anak. bila anak kebal ( daya tahan tubuhnya bagus ), tbc-nya tidak nampak. namun bukanĀ  bermakna sembuh. sesudah bertahun-tahun, mungkin nampak, bukan hanya di paru-paru lagi, tetapi di tulang, ginjal, otak, dan seterusnya. ini yang beresiko serta perlu waktu lama untuk penyembuhannya.

Prosedur penyembuhan penyakit tbc pada anak yang pertama yaitu memberikan obat pembunuh kuman tbc. ini dimaksud penyembuhan periode i ( 3 bln. pertama ). di periode i ini diinginkan beberapa besar kuman dapat mati, lantas digunakan obat anti-tbc yang manfaatnya membunuh kuman. gambar waspadai penyakit tbc pada anak

Tahap selanjutnya yaitu periode di mana kuman telah masuk ke didalam kelenjar, hingga obat pembunuh kuman tidak mempan lagi, apalagi bila diberikan jadi beresiko dikarenakan dapat mengganggu fungsi liver. pada saat ini, diberikan obat-obatan yang manfaat nya mengepung kuman yang ada didalam kelenjar. bila kuman keluar, dapat segera mati kumannya.

Sistem penyembuhan berjalan lebih kurang 6 bln., serta kadang-kadang ditambah 3 bln. penyembuhan untuk menghindar kekambuhan. penyembuhan mesti teratur, tidak bisa berhenti. bila distop, mungkin saja kumannya dapat timbul lagi serta resisten pada obat. penyembuhan penyakit tbc pada anak memanglah tidak sama dengan tbc dewasa. pada orang dewasa, penyembuhan 3 bln. dapat bersih kuman tbc-nya. pada anak tidak dapat, dikarenakan tidak dapat berikan obat sekaligus banyak didalam periode waktu pendek. mengakibatkan, penyembuhan so, agak lama. orang tua mesti sabar serta tidak jemu.

Yang juga mesti dihindari yaitu pemberian obat anti-tbc tanpa diagnosis yang benar. anak mudah sakit, batuk, tidak napsu makan, segera diberi obat tbc. ini amat beresiko, dikarenakan dapat menyebabkan resistensi kuman pada obat. nah, saat ini beberapa orangtua memiliki kecenderungan seperti itu, barangkali dikarenakan mereka tidak sabar mengatasi penyakit tbc pada anak mereka. walau sebenarnya bila terlampau tergesa-gesa bukan hanya pulih,malahan dapat menyebabkan komplikasi yang lain.

Banyak sekali Obat alternatif tbc pada anak dari bahan-bahan alamiah yang tidak kalah mujarab dengan obat-obatan kimiawi lainnya,kelebihannya obat herbal tbc anak ini bisa lebih aman dan mudah beradaptasi dengan tubuh. Ekstrak daun sirsak dan kulit manggis adalah salah satunya.