Kenapa yah alat kelamin itu disebut kemaluan..? apa karena kalau kita memamerkannya di depan umum kitanya jadi malu..?apakah anda setuju kalau itu di sebut kemaluan? bagi kaum pria ada baiknya sebutan ” kemaluan” itu kita ganti saja dengan “Kebanggaan” setuju tidak..?

Kenapa mesti disebut “kemaluan”? Seharusnya kita menyebutnya “Kebanggaan”.  Justru pria nggak punya alat vital itulah yang harus malu atau malu-maluin. Bayangkan, tubuh Anda atletis, sehat, ganteng/charming, entah apalah sebutan yang enak-enak itu, tetapi alat kelaminnya loyo, kagak bisa ereksi lagi. Apa yang mesti Anda banggakan lagi?

Kalau bersih urusan jadi nyaman. Banyak loh penyakit yang bisa timbul karena kita lalai dalam mengurus “kebanggaan” pria ini. Kanker prostat, Infeksi saluran kemih,gonorhoe,merupakan penyakit yang sering singgah pada alat kelamin pria ini kalau kita tidak rajin dalam merawat dan menjaganya.

Masih banyak pria yang memperlakukan perawatan alat kelaminnya secara diskriminatif jika dibandingkan dengan alat tubuhnya yang lain. Biasanya, usai mandi, langsung digosok dengan handuk setelah sambar CD (celana dalam) pake dan selesai. Tapi, kalau memperlakukan rambutnya, weleh..keren, disemir pirang, di creambath segala. Mereka tidak mengerti alat kelamin yang belum sepenuhnya kering dari guyuran mandi bisa menyebabkan lembab sehingga membuat lekukan-lekukan menyimpan bakteri. Tolong deh diingat-ingat ini ‘barang kebangganmu”. Kalau ‘dia’ sampe ngadat/ngambek…wah berabe nih.

Paham anatominya, mudah merawatnya. Alat kelamin pria merupakan salah satu bagian yang harus diperhatikan serta dijaga kesehatannya. Karena penis merupakan alat vital laki-laki untuk membantu kehamilan. Membersihkan penis setiap hari, terutama pada daerah lipatan kulit penis yang tidak disunat, dapat mencegah terjadinya infeksi. Anak laki-laki harus diberitahu cara menarik lipatan kulit penis, mencuci dan meringankannya serta mengembalikan posisi lipatan kulit tersebut di atas ujung penis setelah membersihkannya. Lipatan kulit tersebut mungkin dapat ditarik penuh kebelakang sampai usia pubertas. Jangan menarik lipatan kulit penis dengan paksa bila tindakan tersebut menimbulkan rasa sakit. Membiasakan diri untuk membersihkan alat kelamin dapat membantu menghindari Anda dari berbagai macam penyakit.

Selain itu, alat kelamin merupakan organ sistem reproduksi yang sangat penting fungsinya bagi kita sehingga harus kita rawat dan jaga kesehatannya baik kini maupun di masa mendatang. Jika lalai  menjaga,  bisa saja alat kelamin tersebut  terkena berbagai penyakit maupun gangguan karena rentan terhadap perubahan. Nah, yang mesti diperhatikan banget nih:

1.Gunakan Celana Dalam Yang Bersih Higienis

Ganti celana dalam yang kita pakai minimal dua kali dalam satu hari jika penggunanya mudah berkeringat agar tidak mudah ditumbuhi kuman. CD atau celana dalam yang tidak higienis baik kotor terkena keringat dan daki serta lembab akan memudahkan bakteri berkembangbiak yang bisa mengundang penyakit, bau tak sedap, biang keringat, dan lain-lain.

2. Cuci Bersih Secara Rutin Alat Kelamin

Siram dan bilas dengan air bersih hingga bersih setelah buang air kecil dan air besar agar tidak ada sisa air seni / air kencing yang menempel pada kulit kelamin. Untuk laki-laki yang tidak disunat dan penis masih memiliki kulup penutup maka wajib membersihkan bagian dalam kulup (kepala penis dalam) hingga bersih setiap hari untuk menghindari kanker. Untuk yang perempuan rajinlah mengganti pembalut saat haid/menstruasi/datang bulan serta membiasakan cebok dengan arah depan ke belakang agar kotoran pup tidak pindah ke vagina.
Pengaruh ponsel di saku celana, kelamin kena elektromagnetik

3. Cukur Rambut Kemaluan Secara Rutin/Berkala

Bagi yang memiliki rambut kemaluan panjang sebaiknya melakukan pangkas rambut kemaluan untuk menjaga tetap pendek agar tidak banyak ditumbuhi bakteri. Di samping itu ada bakteri baik yang tumbuh di rambut sekitar kemaluan sehingga tidak baik untuk dicukur habis hingga plontos.

4. Jauhi / Hindari Ancaman Berbahaya

Alat kelamin cukup sensitif dengan sinar x rontgen, sehingga perlu diwaspadai untuk tidak sering melakukan rontsen. Usahakan ronsen satu kali saja dalam tenggat waktu 6 bulan. Hindari pula makanan, minuman dan kebiasaan yang merusak kesehatan alat reproduksi seperti minum minuman keras mengandung alkohol, merokok, menggunakan narkoba, dan lain sebagainya.

5. Jaga Suhu Pada Bagian Alat Kelamin

anatomi alat vital pria jika alat kelamin pria/laki-laki berada dalam lingkungan yang panas, maka sperma yang dihasilkan akan menurun kualitasnya sehingga bisa jadi tidak akan mampu untuk membuahi sel telur istri yang dikawininya. Oleh sebab itu hindarilah menggunakan pakaian yang ketat yang berbahan panas kurang ventilasi serta jauhi kebiasaan yang meningkatkan suhu alat kelamin seperti memangku laptop di paha dekat alat kelamin.

6. Selagi mandi, periksalah setiap buah zakar, karena pada saat itu kantung kemaluan dalam keadaan longgar atau rileks.

7. Genggamlah buah  zakar tersebut dan rabalah dengan menggunakan ibu jari serta jari-jari lainnya. Rasakan ada tidaknya benjolan, dipermukaan kantung kemaluan.

Bila terasa ada benjolan, pembengkakan atau nyeri di buah zakar atau kantung kemaluan yang tidak dapat diterangkan penyebabnya, konsultasikan segera ke dokter. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan saat mandi dengan air hangat, karena suhu panas dapat merelaksasi skrotum, sehingga memudahkan anda menemukan kelainan.

Belajar mendeteksi sendiri

Bila terlihat ada cairan yang keluar dari lubang penis atau luka pada penis, segeralah konsultasi kedokter.

Gejala awal ditandai dengan rasa nyeri pada skrotum atau perut bagian bawah, atau hanya terasa adanya perubahan pada testis. Gejala umum kanker testis adalah adanya sedikit pembesaran pada testis, atau adanya benjolan kecil yang tidak terasa sakit pada testis. Terapi kanker ini adalah dengan pengangkatan testis yang terkena dan mungkin memerlukan kemoterapi atau terapi radiasi . Memeriksa testis sendiri merupakan salah satu cara untuk mendeteksi perubahan yang mengarah pada kanker.
Rawat! Kalau memble apa yang mesti ‘dibanggakan’..? Tanda pertama kanker testis adalah terabahnya suatu benjolan pada skrotum yang semangkin membesar. Pemeriksaan lebih efektif bila dilakukan setiap bulan, dengan deteksi dini kemungkinan untuk sembuh akan semakin besar.

Jika Anda merasa curiga dengan adanya kelainan pada penis Anda, konsultasikan segera dengan dokter secepat mungkin. Dengan dianogsa, pengobatan dan perubahan gaya hidup dapat meningkatkan kesehatan sedini mungkin dan merupakan cara terbaik mengontrol serta menyembuhkan penyakit ini. Informasi tentang tingkat kejadian dan pengobatannya, mungkin sangat diperlukan. Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya, agar dapat mengurangi resiko yang paling buruk.

Berikut cara memeriksakan alat kelamin sendiri :

• Berdirilah di depan kaca. Amati apakah ada pembengkakan pada kulit sekitar skrotum.

• Periksa kedua penis dengan tangan. Letakkan jari telunjuk dan jari tangan di bawah penis dan ibu jari di atas penis. Putar penis secara perlahan antara ibu jari dan jari lainnya . Tidak perlu cemas bila Anda mendapati salah satu penis agak lebih besar, itu adalah normal.

Begitu sempurna jaringan alat vital pria, maka manfaatkan sebagaimana mestinya jaringan alat vital pria, maka manfaatkan sebagaimana mestinya . Coba temukan epidemis (saluran lunak yang berpilin di belakang penis, berfungsi menyimpan dan menyalurkan sperma) Jika sudah menemukannya, Anda dapat membedakannya dengan benjolan. Benjolan kanker biasanya ditemukan disamping penis tetapi juga bisa di bagian depan.

• Jika Anda menemukan benjolan, konsultasikan dengan dokter secepatnya. Tidak semua benjolan berarti kanker, tetapi jika memang kanker dapat menyebar jika tidak segera diobati. Hanya dokter yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.(source pikiransehat.wordpres.com).