Tanaman obat batu ginjal

Salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati batu ginjal adalah Kumis kucing atau remujung.Anda pernah melihat tanaman tersebut?…Yah,kumis kucing tumbuh liar,tetapi banyak juga yang sengaja ditanam di pekarangan karena banyak manfaat nya.Terutama sebagai ramuan dalam pengobatan tradisional,yaitu sakit kencing batu atau batu ginjal.

Jenis tumbuhan berkhasiat obat ini sejak beberapa tahun yang lalu telah disarikan dan dibuat tablet atau kapsul oleh sementara pabrik besar. Kumis kucing juga di ekspor ke beberapa negara di Eropa sejak puluhan tahun yang lalu. Tumbuhan semak ini memang sudah cukup lama di teliti oleh ahli obat-obatan dan ternyata memang benar-benar berkhasiat obat.

Mudah tumbuh

Kumis kucing atau remujung (Orthosiphon grandiflora) adalah sejenis tumbuhan perdu dari suku Labiatae. Mengapa dinamakan kumis kucing? Tak lain dan tak bukan adalah karena bunganya mempunyai benangsari yang menjulang seperti kumis kucing,warnanya putih,panjangnya sekitar 15 cm.Batang kumis kucing berbentuk persegi empat,daunnya kecil-kecil bulat telur bergerigi pinggirnya,ujungnya runcing,hijau tua.

Memang ada sejenis tumbuhan hias yang namanya kebetulan sama yaitu kumis kucing ( Gyandropsis grandiflora). Tumbuhan yang senama ini bukanlah kerabat kumis kucing yang biasa dimanfaatkan sebagai obat,melainkan ditanam sebagai tanaman hias.Jaman dahulu remujung/kumis kucing umumnya tumbuh liar di hutan-hutan atau ladang tua.Kini sudah banyak ditanam di pekarangan bahkan dianjurkan ditanam sebagai tanaman berkhasiat obat untuk keluarga.

Obat sakit Ginjal

Daun remujung/kumis kucing rasanya agak pahit,mengandung minyak atsiri atau minyak terbang,zat kalium dan saponin. Sejak dahulu tumbuhan berkhasiat obat ini paling populer sebagai obat sakit ginjal,sakit kencing batu dan sebagainya.Untuk mengobati sakit ginjal atau sakit kandung kencing umpamanya,daun kumis kucing direbus dalam air sampai mendidih dan airnya tinggal separuh. Setelah dingin diminum setiap hari secara teratur. Obat dalam seperti itu juga dipergunakan untuk mengobati sakit encok atau pegal linu pada persendian anggota badan.

Ramuan berupa daun kumis kucing,daun meniran,daun trawas dan temu lawak lalu direbus serta disaring biasa digunakan untuk mengobati sakit kencing darah.Beberapa tahun yang lalu,sementara pabrik pabrik obat di Indonesia juga sudah ada yang membuat kapsul dan tablet remujung dan dijual di toko-toko obat maupun apotek.

Beberapa penyakit lain yang sering diobati dengan daun remujung misalnya sakit kencing batu,batu empedu,kencing manis dan tekanan darah tinggi. Semantara itu ramuan alami tradisional untuk mengobati batu ginjal yang sudah dikemas misalnya adalah Jelly gamat Gold G.Semoga bermanfaat