Umumnya beberapa pasien penyakit jantung baru mengetahui tanda-tanda penyakit jantung sesudah alami serangan yang pertama. masyarakat kita mesti lebih waspada pada serangan jantung terlebih apabila mempunyai penyakit hipertensi dengan tensi darah di atas 120/80.

Tanda-tanda awal serangan jantung umumnya berbentuk sesak napas. gejala setelah itu yaitu rasa nyeri pada dada sebelah kiri, serta umumnya pasien tidak dapat memastikan dimana letak titik rasa sakit tersebut. rasa nyeri tersebut lantas dapat menjalar ke arah rahang, lantas menuju ke pundak dan punggung sisi belakang. setelah itu pasien dapat rasakan kesemutan dibarengi dengan keringat dingin.

Menurut American Heart Association, National Heart Lung and Blood Institute serta Mayo clinic, sinyal tanda tersebut harus dicurigai sebagai penyakit jantung.

1.Rasa tidak nyaman pada dada

Walau tidak setiap orang mengalaminya, tetapi rasa tidak enak atau sakit di dada yaitu tanda  umum penyakit jantung. rasa sakitnya memanglah tidak terlampau berat namun berlangsung teratur. rasa sakit itu relatif sedang  serta kerap hilang timbul.

Rolanda perkins ( 39 th. ) baru saja alami serangan jantung dua minggu lalu. awalannya ia meremehkan rasa sakit di dada dikarenakan dikiranya itu cuma problem pencernaan.

“Saya tahu ada suatu hal yang salah dengan sakit itu, namun saya kira itu cuma problem pencernaan saja. tadinya  saya hendak pergi ke dokter besok pagi namun nyatanya sebelum saat pagi itu datang saya telah sesak nafas serta terkena serangan jantung, ” papar parkins.

parkins yang saat ini teratur melakukan olahraga menyebutkan bahwa seseorang baiknya mendengarkan apa yang tubuh coba katakan melewati satu sinyal. “tubuh saya berupaya menyebutkan suatu hal saat itu namun saya tidak mendengarkannya, ” tutur parkins.

2.Rasa tidak enak di bagian atas tubuh

dr Rosenfield dari the massachusetts general hospital menyebutkan bahwa rasa sakit di bagian-bagian atas tubuh dapat mengindikasikan penyakit jantung. “saya kerap menyebutkan pada pasien bahwa tanda-tanda yang terasa di tempat pinggang ke atas pantas dicurigai penyakit jantung, ” tutur dr rosenfield.

Rasa sakit, berat serta tidak nyaman di tempat punggung, leher, lengan, pinggul, bahu, siku, rahang, tenggorokan sampai daun telinga juga terkait dengan penyakit jantung. namun sudah pasti rasa tidak nyaman di tempat itu belum pasti juga penyakit jantung.

Karenanya, yakinkan anda ketahui kisah penyakit keluarga adakah yang mempunyai penyakit jantung atau tidak. bila ya, kemungkinan gejala-gejala di tempat itu juga adalah sinyal penyakit jantung

3.Problem pencernaan

dr Malissa wood dari harvard medical school menyebutkan ada jalinan yang amat erat pada problem pencernaan dengan jantung. saat anda kerap sakit perut serta mual-mual tanpa sebab, mungkin saja itu tandanya ada problem di jantung.

Serta perihal itu memang sungguh-sungguh dapat dibuktikan waktu dr wood alami tanda-tanda itu. sesudah dicek, nyatanya 92 % pembuluh koronernya telah terhalang serta mesti segera dikerjakan operasi. lantas saat anda kerap alami problem pencernaan, ditambah mempunyai tekanan darah tinggi, segera periksa ke dokter.

4.Tanda-tanda flu

Saat seorang pasien yang teratur lakukan kontrol jantung ekg namun jadi tidak mempunyai tanda-tanda penyakit jantung ditanya ‘apakah anda mempunyai  tanda2  penyakit jantung ?’, ia menjawab tidak. namun ia mengaku kerap alami flu berat.

dr Robert superko, pengarang buku ‘before the heart attacks’ mengatakan bahwa tanda-tanda capek, lelah atau tidak enak badan kerap dihubungkan dengan tanda-tanda flu, walau sebenarnya menurut dr robert itu yaitu di antara tanda-tanda penyakit jantung yang kerapkali tidak terdiagnosa.

5.Napas pendek

Napas pendek yaitu sinyal yang sangat mesti dicurigai sebagai penyakit jantung, apalagi bila anda tidak mempunyai tanda2 sakit dada atau tanda2 penyakit jantung yang lain.

Bila anda mempunyai sinyal tanda layaknya diatas baiknya segera periksakan ke dokter atau lakukan terapi untuk penyakit jantung dikarenakan anda tidak harus tahu bahwa terkena penyakit jantung atau tidak hingga memeriksanya dengan pasti. ( sumber : http ://health. detik. com )