Pernah merasakan nyeri di persendian? Saya kira hampir semua dari orang diatas 40 tahun pernah merasakannya.Bisa saja kita mengira nyeri di persendian itu akibat asam urat atau rhematik,Padahal nyeri sendi itu bisa jadi karena osteoarthritis atau lazim disebut OA.Osteoarthritis adalah kondisi sendi terasa nyeri akibat peradangan ringan yang timbul karena pergesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.Jaringan tulang rawan atau cartilago,biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi.Dantara tulang tersebut terdapat cairan pelumas,sinovial.Jika cairan sinovial semakin berkurang,lapisan kartilago akan saling bergesekan.Gesekan tersebut akan membuat kartilago semakin menipis,akhirnya mengakibatkan timbulnya rasa nyeri.

tinjauan umum osteoartritis

Osteoarthritis merupakan salah satu penyakit sendi yang paling sering dijumpai di masyarakat kita,karena termasuk salah satu penyakit degeneratif,OA lebih sering di jumpai pada orang lanjut usia. Di Indonesia,penelitian Handono dan kusworini di Malang tahun 2000 menunjukkan sekitar 21,7 persen penderita OA berusia sekitar 49-60 Tahun,Hal tersebut di kemukakan oleh Dr.Moh Azwar,Sp.PD

Osteoartritis merupakan penyakit rhematik yang paling sering di jumpai,dan kasus nya lebih sering di alami oleh mereka yang berusia lanjut.Wajar saja,karena osteoartritis merupakan proses penuaan normal,meski juga bisa disebabkan proses aus pada sendi.

Osteoartritis merupakan penyakit kronis sendi,karena proses penuaan.Akibat pemakaian berulang-ulang,terjadilah perlunakan,penipisan dan pengelupasan rawan sendi.Selanjutbya di ikuti dengan pembentukan tulang baru di tepi sendi (perkapuran) disertai penebalan dan kekakuan ligamen serta selaput sendi.Tulang rawan sendi atau kartilago adalah jaringan kokoh dan elastis yang menjadi bantalan tulang pada persendian dan membuat tulang dapat bergerak bebas. Tulang rawan sendi menjadi penting mengingat fungsinya sebagai pelindung atau bantalan yang berada di antara tulang. Fungsinya seperti “Shock breaker”,jadi ketika lompat-lompatan tidak masalah,Ujar Dr.Azwar.

Secara fisiologis,tulang rawan sendi merupakan organ yang sangat luar biasa.Kuat,sangat licin,dan tetap muda,dengan komposisi sel,matriks,air,dan cairan sendi.Tulang rawan ini mendapat makanan dari selaput sendi melalui proses osmosis dan pergerakan.Seiring bertambahnya usia,komposisi cairan dalam tulang rawan sendi,yang sebesar 65-85 persen itupun berkurang.Benturan yang keras juga stress yang berlebihan secara terus menerus juga akan bisa mengakibatkan tulang rawan kita rusak.Akhirnya tulang rawan sendi menjadi rapuh.

Memang secara alamiah,komposisi tersebut akan berubah,membuat resiko untuk rusak semakin besar.Kalau tulang rawan sendi rusak,kondisinya akan menjadi tipis,setelah itu jadilah Osteoartritis dan timbul rasa nyeri.Penangan osteoartritis dapat dilakukan dengan mempertahankan gerak dan dan kekuatan otot,mencegah beban berlebihan,mengatasi nyeri,modifikasi aktivitas,obat-obatan(medikamentosa),suntikan asam hyaluronat,maupun fisioterapi.Sementara pada stadium lanjut Osteoartritis dapat di tangani dengan artroplasti atau penggantian permukaan sendi yang rusak dengan prostese.(Sumber Diana Y.Sari sehatnews.com)

Namun demikian ada juga alternatif pengobatan alamiah dengan obat alami arthritis Ekstrak teripang.